Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas III Di SDN 0902 Bongbongan Psr Huristak Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Bandingan (2022) Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas III Di SDN 0902 Bongbongan Psr Huristak Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER BANDINGAN HASIBUAN 3.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB I BANDINGAN HASIBUAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II BANDINGAN HASIBUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III BANDINGAN HASIBUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV BANDINGAN HASIBUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB V BANDINGAN HASIBUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BANDINGAN HASIBUAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peran orang tua dalam membimbing anak selama pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid-19 kelas III di SD Negeri 0902. (2) kesulitan yang dialami orangtua siswa dalam membimbing anak pada pembelajaran di rumah selama pandemi Covid-19 kelas III di SD Negeri 0902. (3) mengetahui cara orang tua menyikapi kesulitan dalam membimbing anak selama pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid-19 kelas III di SD Negeri 0902. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kulitatif, yaitu untuk menggali data dan mendeskripsikan peran orang tua mendampingi anak dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membimbing anak selama pembelajaran di rumah pada masa pandemi covid- 19 kelas III di SDN 0902 adalah: sebagai penyediaan fasilitas belajar, memberikan motivasi belajar anak. Ketiga, memahami materi yang akan dipelajari, mengawasi kegiatan dan pengguaan waktu belajar anak. kesulitan yang dialami oleh orang tua siswa dalam membimbing anak pada pembelajaran di rumah adalah rendahnya motivasi belajar anak yaitu semenjak kegiatan pembelajaran dari rumah dilakukan motivasi belajar anak menurut beberapa orang tua mengalami penurun. Adapun upaya orang tua siswa adalah mengatasi kurangnya pemahaman materi, mengatasi kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak, mengatasi kesulitan dalam mengoperasikan gadget dan mampu mengatasi kesulitan terkait jangkauan layanan internet.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pembelajaran di Rumah dan Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:37
Last Modified: 14 Dec 2022 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16607

Actions (login required)

View Item View Item