Kompetensi Profesional Guru Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di UPTD. SD Negeri 27 Kotapinang (Kajian Pengajaran Guru Kelas Pada Materi Ajar)

Siregar, Ade Hamidah (2022) Kompetensi Profesional Guru Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di UPTD. SD Negeri 27 Kotapinang (Kajian Pengajaran Guru Kelas Pada Materi Ajar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI ADE HAMIDAH SIREGAR.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I Ade Hamidah Siregar.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II Ade Hamidah Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB III Ade Hamidah Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV Ade Hamidah Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB V Ade Hamidah Siregar.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Ade Hamidah Siregar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru kelas dalam memberikan pengajaran materi ajar pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di UPTD. SD Negeri 27 Kotapinang, (2) untuk mendeskripsikan Guru Kelas dalam menyampaikan materi ajar pada masa pembelajaran Tatap Muka Terbatas di UPTD. SD Negeri 27 Kotapinang, (3) untuk mendeskripsikan usaha meningkatkan kompetensi profesional guru kelas pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di UPTD. SD Negeri 27 Kotapinang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskrisptif, yang menjelaskan serta menggambarkan analisis dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini mendeskripsikan berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti mengenai kompetensi profesional guru pada masa pembelajaran tatap muka terbatasa di UPTD. SD Negeri 27 Kotapinang yang mana berdasarkan kajian pengajaran guru kelas pada materi ajar. Dalam hal ini peneliti melakukan pengambilan data terhadap guru kelas IV B. Adapun kompetensi profesional guru kelas pada masa pembelajaran tatap muka terbatas antara lain: menguasai bahan materi ajar, mengolah program pengajaran, bijak dalam menentukan media serta sumber belajar yang tepat, mengelolah interaksi kegiatan pengajaran kepada siswa, mengetahui letak kemampuan siswa, menilai prestasi belajar siswa. Guru kelas IV B dalam menyampaikan materi yang diajarkan, guru tetap menggunakan RPP sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pengajarannya serta dalam segi pembagian materi yang diajarkannya guru menggunakan dan memilih materi yang esensial maksudnya ialah materi yang digunakan materi yang penting untuk dikuasai siswa. Dan usaha meningkatkan kompetensi profesional guru kelas antara lain: guru kelas harus memperbanyak membaca dan belajar kembali, menguasai teknologi, informasi serta komunikasi, ikut serta dalam kegiatan pendidikan profesi, dan mengingkatkan kedisiplinan waktu mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru Kelas, Pengajaran, Materi Ajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:16
Last Modified: 14 Dec 2022 04:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16603

Actions (login required)

View Item View Item