Sinaga, Hazria and Anas, Nirwana (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Berpikir Kritis Materi Bioteknologi Kelas IX SMP. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (2). pp. 355-363. ISSN p-ISSN: 2442-9481 e-ISSN: 2685-7332
Text
ARTIKEL ILMIAH HAZRIA SINAGA.pdf Download (913kB) |
Abstract
Berpikir kritis yaitu keterampilan yang perlu untuk dikembangkan. LKPD yaitu alternatif bahan Ajar yang bisa dipergunakan pada kegiatan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu mengahasilkan bahan ajar berupa LKPD berorientasi berpikir kritis materi bioteknologi yang dinyatakan layak, praktis dan efektif. Metode yang diterapkan yaitu R&D dengan model pengembangan 4D. Validasi LKPD oleh ahli media, materi dan kepraktisan LKPD oleh praktisi lapangan. Pengujian LKPD dilaksanakan di SMP Negeri 1 Barus kelas XI A dengan jumlah siswa 34 orang, untuk melihat keefektifan dengan test pre-test dan post-test beserta angket respon siswa. Hasil validasi dengan kategori sangat layak dengan persentase 84%, kepraktisan LKPD dengan persentase 94% yang termasuk kategori sangat praktis. Keefektifan LKPD diukur dengan uji N-Gain rata-rata pre-test dan post-test siswa dengan skor 0,6 dengan kategori sedang, artinya nilai siswa terjadi peningkatan dan angket respon siswa sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Maka dari itu LKPD yang dikembangkan dikategorikan sudah sangat layak, praktis dan efektif digunakan.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, LKPD, Pengembangan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA) |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 08:27 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 08:27 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16590 |
Actions (login required)
View Item |