Pengembangan Media Diorama 3 Dimensi dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V SDN 064955 Medan Amplas

Nasution, Nur Hidayah (2021) Pengembangan Media Diorama 3 Dimensi dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V SDN 064955 Medan Amplas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Depan.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari peserta didik masih sulit dalam memahami pembelajaran IPA khususnya pada materi ekosistem di SDN 064955 Medan Amplas. Proses pembelajaran yang kurang menarik menjadikan peserta didik pasif/kurang semangat dalam kelas. Berdasarkan masalah tersebut perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media yang tepat yaitu media diorama 3 dimensi dalam pembelajaran IPA materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran diorama 3 dimensi dalam pembelajaran IPA materi ekosistem, (2) mengetahui kevalidan media pembelajaran diorama 3 dimensi dalam pembelajaran IPA materi ekosistem, (3) mengetahui kepraktisan media pembelajaran diorama 3 dimensi dalam pembelajaran IPA materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), serta evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN 064955 Medan Amplas yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan dan kepraktisan media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran sebesar 4,00 dengan kategori sangat baik/valid. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 3,27 dengan kategori sangat baik/praktis dan angket respon guru IPA sebesar 4,00 dengan kategori sangat baik/praktis

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Diorama 3 Dimensi, ADDIE
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:52
Last Modified: 13 Dec 2022 07:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16584

Actions (login required)

View Item View Item