Hubungan Faktor Individu dan Kebisingan dengan Keluhan Non Auditory Effect Pekerja Produksi Pabrik Kelapa Sawit PT. Sumber Sawit Makmur, Laut Tador

Dewi, Ahaddania Fitria (2022) Hubungan Faktor Individu dan Kebisingan dengan Keluhan Non Auditory Effect Pekerja Produksi Pabrik Kelapa Sawit PT. Sumber Sawit Makmur, Laut Tador. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (Daftar Pustaka beserta Lampiran).pdf

Download (1MB)

Abstract

Paparan bising di tempat kerja dengan durasi lama dan terjadi secara terus menerus tanpa ada upaya penanganan maupun pencegahan mampu menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan non-auditory, meliputi gangguan komunikasi, fisiologis, dan psikologis. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan faktor individu dan kebisingan dengan keluhan non auditory effect pekerja produksi pabrik kelapa sawit di PT. Sumber Sawit Makmur, Laut Tador. Jenis penelitian survei analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dan sampel pada penelitian ini sebanyak 59 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran dan wawancara dengan kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji multivariat. Hasil penelitian ini yaitu ada hubungan antara masa kerja, lama paparan bising, penggunaan APT, dan intensitas kebisingan. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keluhan non auditory effect adalah intensitas kebisingan dengan p-value = 0,000 dan OR = 161.026. Kesimpulan adalah semua variabel meliputi masa kerja, lama paparan bising, penggunaan alat pelindung telinga, dan intensitas kebisingan memiliki hubungan dengan keluhan non auditory effect dimana faktor dominan yang mempengaruhi keluhan non auditory effect yaitu intensitas kebisingan. Peneliti menyarankan agar pihak pabrik melakukan perawatan dan pengendalian terhadap mesin dengan memberikan alat peredam suara pada mesin, atau mengganti mesin dengan intensitas bising yang lebih rendah, melaksanakan tes kesehatan rutin, menyediakan alat pelindung telinga, melaksanakan pelatihan dan penyuluhan pada pekerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Kebisingan, Keluhan Non Auditory Effect, Pekerja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:07
Last Modified: 12 Dec 2022 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16575

Actions (login required)

View Item View Item