Adha, Asneni (2022) Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SMP IT Al Hirah 2 Laut Dendang Kab Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
cover skripsi asneni.pdf Download (800kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI ASNENI.pdf Download (479kB) |
|
Text
BAB 2 SKRIPSI ASNENI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3 SKRIPSI ASNENI.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text
BAB 4 SKRIPSI ASNENI.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
|
Text
BAB 5 SKRIPSI ASNENI.pdf Download (465kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ASNENI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Karakter merupakan pendidikan yang harus di tanamkan dalam diri setiap anak, karna anak merupakan generasi penerus bangsa. Maka dari itu pendidikan karakter menjadi penting bagi sekolah ataupun lembaga pendidikan Maka dalam membangun karakter di sekolah kunci utama yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan manajemen pendidikan karakter yang baik. Manajemen pendidikan karakter merupakan suatu usaha yang terencana dalam menjadikan peserta didik untuk mengenal, peduli dan menerapkan nilai-nilai karakter agar mampu menumbuhkan karakter khasnya. Manajemen pendidikan karkter ini terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter siswa di salah satu sekolah menengah yaitu SMPS IT Alhijrah 2 Laut Dendang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pendidikan karakter yang terdiri dari (a) perencanaan pendidikan karakter, (b) pengorganisasian pendidikan karakter, (c) pelaksanaan pendidikan karakter serta(d) pengawasan pendidikan karakter di SMP IT Al Hijrah 2 Laut Dendang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Artinya penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data dan informasi secara langsung tentang manajemen pendidikan karakter dengan mendatangi lokasi secara langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Al Hijrah 2 Laut Dendang, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang penyajian data dengan deskripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian manajemen pendidikan karakter peserta didik di SMP IT Alhijrah 2 Laut Dendang diketahui dalam Pelaksanaan manajemen pendidikan karakter direncanakan dalam sekali setahun melibatkan semua masyarakat sekolah yang berperan dalam pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan kurikulum islam terpadu dan kurikulum nasional yang tercantum dalam 7 Standar Kompetensi Kelulusan ( SKL) dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Manajemen karakter peserta didik di implementasikan dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan sehari-hari.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 09:20 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 09:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16543 |
Actions (login required)
View Item |