Lubis, Robiatul Adawiyah (2022) Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MIS Ubudiyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (481kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (280kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MIS Ubudiyah Medan”, dilatarbelakangi masalah yang timbul dalam pembelajaran IPA yaitu kurangnya minat belajar siswa dikarenakan metode yang digunakan guru masih kurang bervariasi, sehingga menimbulkan kebosanan dan kejenuhan siswa terhadap pelajaran tersebut. Sesuai masalah yang telah diuraikan di atas, maka dapat diyakini bahwa metode pemberian reward dan punishment mampu membangkitkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran IPA di kelas V MIS Ubudiyah Medan. (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V MIS Ubudiyah Medan. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MIS Ubudiyah Medan. Metodologi penelitian menggunakan kuantitaif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas V MIS Ubudiyah Medan dengan jumlah sampel 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS versie 25. Hasil penelitian berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Pemberian reward dan punishment di kelas V MIS Ubudiyah Medan dalam kategori baik dengan frekuensi sebanyak 23 responden (63,9%). (2) Minat Belajar IPA siswa kelas V MIS Ubudiyah Medan dalam kategori baik dengan frekuensi sebanyak 24 responden (66,7%). (3) Hasil signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar IPA di kelas V MIS Ubudiyah Medan dengan pengaruh sebesar 72,1%. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pemberian reward dan punishment merupakan metode yang mampu membangkitkan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberian Reward dan Punishment, Minat Belajar IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 08:12 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 08:12 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16537 |
Actions (login required)
View Item |