Khairina, Khairina (2022) Pengaruh Strategi Outing Class Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 2 Rantodior Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER Khairina.pdf Download (939kB) |
|
Text
BAB I Khairina.pdf Download (335kB) |
|
Text
BAB II Khairina.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
|
Text
BAB III Khairina.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
|
Text
BAB IV Khairina.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
|
Text
BAB V Khairina.pdf Download (194kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA RINA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian yaitu siswa kelas IV di SD Negeri 2 Rantodior Aceh Tenggara pada saat jam pelajaran siswanya terlihat kurang aktif sehingga siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPA dan siswa merasa jenuh dan tidak aktif pada saat pembelajaran, sikap siswa terhadap pembelajaran IPA cukup rendah Karena kurangnya motivasi dan metode mengajar pada saat pembelajaran dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena SD Negeri 2 Rantodior Aceh Tenggara dalam proses pembelajarannya belum menggunakan strategi pembelajaran yang efektif. Yang dimana dalam pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah yang terkesan monoton dan kurang melibatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga siswa cenderung menghafal pelajaran tanpa mengetahui relevansi antara pengetahuan yang diperoleh dengan penerapannya dalam kehidupan nyata. Sampai sejauh ini pencapaian tujuan pembelajaran IPA di sekolah ini belum mencapai tujuan yang diharapkan sebagai salah satu bukti rendahnya perolehan nilai hasil belajar siswa, baik nilai ulangan harian, ulangan tengah semester, maupun ulangan semester. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan hasilnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD sebanyak 40 orang. Alat yang digunakan pada teknik pengumpulan data adalah soal pritest dan prostest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t) maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan strategi Outing Class terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Rantodior Aceh Tenggara jika dibandingkan dengan model pembelajaran tanpa menggunakan strategi Outing Class. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi Outing Class terhadap pemahaman belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Rantodior Aceh pada mata pelajaran IPA hal tersebut dapat diketahui T hitung yang lebih besar dari pada T tabel dimana Thitungnya = 2, 717 dan Ttabel = 1, 725. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas, maka strategi Outing Class layak di terapkan oleh guru sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Rantodior Aceh Tenggara.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Outing Class, Hasil Belajar, IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 04:54 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 04:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16525 |
Actions (login required)
View Item |