Pengembangan Media Komik dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Safitri, Adella (2022) Pengembangan Media Komik dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (Adella Safitri 0306182090).pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB I (Adella Safitri 0306182090).pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB II (Adella Safitri 0306182090).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB III (Adella Safitri 0306182090).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB IV (Adella Safitri 0306182090).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (Adella Safitri 0306182090).pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAPUS DAN LAMPIRAN (Adella Safitri 0306182090).pdf

Download (1MB)

Abstract

Komik merupakan media pembelajaran yang menarik dan mampu merangsang minat siswa dalam membaca dan memahami materi, karena keterlibatan emosi pembacanya akan sangat mempengaruhi memori dan daya ingat terutama dalam mata pelajaran matematika yang bersifat intuitif. Berbantuan bahan ajar berbasis komik yang mengintegrasikan dengan proses penemuan maka sangat cocok melatih siswa menemukan sendiri solusi dalam penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan dari media komik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D). Desain Penelitian ini yaitu desain 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan dengan sempel penelitian 20 peserta didik kelas V MIN 5 Aceh Tenggara. Hasil penelitian terhadap produk komik Discovery Learning menunjukkan bahwa presentase penilaian media atau produk oleh ahli materi sebesar 95,5%, ahli media sebesar 94,25%, praktisi sebesar 100% dan peserta didik sebesar 96%. Sedangkan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain Score keaktifan belajar peserta didik yaitu 0,95 dan hasil perolehan persentase nilai rata-rata N-Gain Score pada hasil belajar peserta didik sebesar 95%. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian pada saat media digunakan agar dapat mengembangkan media komik yang lebih komplit dan inovatif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:39
Last Modified: 07 Dec 2022 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16501

Actions (login required)

View Item View Item