Peran Guru PKN dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di Mis Nurul Iman Tanjung Morawa

Wulandari, Indah (2022) Peran Guru PKN dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di Mis Nurul Iman Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover da Lainya.pdf

Download (554kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan guru pkn dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab di MIS Nurul Iman Tanjung Morawa, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan guru pkn dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab di MIS Nurul Iman Tanjung Morawa, 3) Untuk mengetahui kendala apa saja dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab di MIS Nurul Iman Tanjung Morawa, 4) untuk mengetahui solusi apa saja dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab di MIS Nurul Iman Tanjung Morawa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Temuan penelitian ini menunjukkan: 1) Bahwa perencanaan guru pkn dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dengan menggunakan RPP dan Bahan ajar tetapi jika hanya memaparkan RPP saja tidak lah tercukupi. Jadi disini terdapat pula peran guru pkn MIS Nurul Iman Tanjung Morawa seperti : a. Keteladanan, b.Inspirator, c. Motivator, d. Dinamisator, e. Evaluator. 2) Sedangkan untuk pelaksanaan nya sendiri dibuat sesuai dengan RPP yang telah ada, 3) Kendala yang dihadapi guru PKN dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab ada dua faktor yaitu dari faktor pendukung : sarana prasarana, adanya kerja sama pihak orang tua dengan pihak orang tua siswa. Dan dari faktor penghambatnya : keterbatasan waktu, minimnya perhatian orang tua dan pengaruh lingkungan sekitar dan faktor lingkungan, 4) Dan untuk solusi dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab di MIS Nurul Iman Tanjung Morawa : Pengintegrasian pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dan menjalin kerja sama dengan orang tua peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pkn, Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:19
Last Modified: 07 Dec 2022 04:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16499

Actions (login required)

View Item View Item