Pengaruh Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 49 Pasar Lembu

Marpaung, Mhd Joni (2022) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 49 Pasar Lembu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER JONI.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I JONI MARPAUNG.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II joni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III JONI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV JONI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V JONI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA JONI.pdf

Download (886kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 49 Pasar Lembu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, dengan menggunakan teknik simple random sampling dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Data dikumpulkan menggunakan angket dan studi dokumentasi, angket disebar kepada 30 guru dengan menggunakan bentuk pilihan skor skala likert yakni 4 alternatif jawaban, sedangkan studi dokumentasi hanya sebagai teknik pelengkap dalam pengumpulan data. Berdasarkan pengolahan data hasil perhitungan, diketahui bahwa hipotesis yang diajukan, diterima dan telah teruji secara empiris dimana hasil koefisien korelasi antara variabel Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah (X) Terhadap Motivasi Kerja guru (Y) sebesar 0,327 dengan demikian hubungan keduanya tergolong rendah, dan besaran pengaruhnya 0,107 atau 10,7 %. Melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 5,889 sedangkan nilai t tabel = 2,042. Oleh karena t hitung (5,889) > t tabel (2,042), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh positif dan signifikan antara variabel Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Terhadap Motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Al- Washliyah 49 Pasar Lembu dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis regresi Ŷ = 57,089 + 0,45X. Bagi kepala sekolah diharapkan mampu mengoptimalkan kegiatan komunikasi interpersonal untuk meningkatkan motivasi kerja guru dengan cara memberikan kesempatan dan perhatian yang sama kepada setiap guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:14
Last Modified: 07 Dec 2022 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16498

Actions (login required)

View Item View Item