Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Sikap Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 1 Kabupaten Dairi

Manihuruk, Eka Pratiwi (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Sikap Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 1 Kabupaten Dairi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1.COVER_.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (394kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran daring pada kelas eksperimen siswa di kelas V di MIN 1 Kabupaten Dairi. (2) mengetahui sikap sosial siswa pada kelas kontrol di kelas V di MIN 1 Kabupaten Dairi. (3) mengetahui pengaruh antara pembelajaran daring terhadap sikap sosial siswa kelas V MIN 1 Kabupaten Dairi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Kabupaten Dairi, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 20 siswa dan kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa sehingga jumlah sampel keseluruhan sejumlah 40 siswa. Berdasarkan uji statistik pada data Post-test kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai 67,0414 < 71,1812, kemudian dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi ((2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menerapkan pembelajaran daring, berpengaruh signifikan pada mata pelajaran IPS khususnya materi Perjuangan melawan penjajah daripada pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru yaitu pembelajaran langsung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran IPS
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:59
Last Modified: 07 Dec 2022 03:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16496

Actions (login required)

View Item View Item