Upaya Meningkatkan Kecerdasan visual spasial Melalui Kegiatan permainan building block Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B TK Al Ikhlas Muara Bangko

Sari, Ramona (2022) Upaya Meningkatkan Kecerdasan visual spasial Melalui Kegiatan permainan building block Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B TK Al Ikhlas Muara Bangko. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DANDAFTAR TABEL RAMONA SARI.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I RAMONA SARI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB II RAMONA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB III RAMONA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV RAMONA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RAMONA SARI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN RAMONA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan bermain building block yang dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak usia dini pada Kelompok B Di TK Al Ikhlas Muara Bangko T.A. 2021/2022. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Peneliti melihat banyak anak-anak yang sangat antusias saat bermain building-block, bahkan tidak sedikit anak-anak yang bisa merancang yang sangat mirip dengan bentuk aslinya menggunakan balok building block. Beranjak dari permasalahan tersebut peneliti ingin melihat bagaimana proses guru untuk menerapkan permainan block dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kecerdasan visual spasial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Building Block Pada Kelompok B di TK Al Ikhlas Muara Bangko T.A. 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Ikhlas Muara Bangko pada tanggal 15 April sampai 30, dengan jumlah anak yang diteliti 10 orang anak. menggunakan metode penelitian tindakan kelas partisipan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari Pra Siklus, Siklus pertama dan Siklus kedua. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil observasi selama penelitian. Penelitian diawali dengan melaksanakan prasiklus selanjutnya siklus I dan siklusII, pada siklus I dilakukan 3 kali pertemuan, pada siklus II dilakukan III pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat adanya peningkatan kecerdasan visual spasial anak yang diperoleh dari pra tindakan sampai pada siklus II, Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan I yaitu dengan menggunakan kegiatan permainan building block diperoleh dari 10 anak yang diteliti terdapat 3 anak mencapai kriteria mulai berkembang dan 5 anak berkembang sesuai harapan, dan 2 anak berkembang sangat baik. Pada Siklus II terjadi peningkatan secara signifikan, diperoleh dari 10 anak, 0 anak telah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (0%) dan 10 anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (100 %).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Building Block, Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:42
Last Modified: 06 Dec 2022 08:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16489

Actions (login required)

View Item View Item