Hastini, Fera and Tanjung, Indayana Febriani (2022) Pengembangan Majalah Biologi (Biozine) Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Bioteknologi. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (2). pp. 317-329. ISSN p-ISSN: 2442-9481 e-ISSN: 2685-7332
Text
2798-7106-1-PB.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan majalah biologi terintegrasi nilai-nilai Islam ini dilakukan karena kurang tersedianya sumber belajar biologi di sekolah terutama yang terintegrasi nilai Islam.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan majalah biologi, menguji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan majalah. Penelitian ni menggunakan metode Research and Development(R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi oleh ahli media, materi, materi nilai-nilai Islam, angket respon guru biologi dan peserta didik kelas XI MIA 2 MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Hasil penelitian didapatkan skor 94% dengan kategori “sangat layak” untuk uji kelayakan media, skor 86,5% dengan kategori “sangat layak” untuk uji kelayakan materi, skor 75% dengan kategori “layak” untuk uji kelayakan materi nilai Islam. Uji kepraktisan mendapat skor 81%(respon guru) dan 82% (respon peserta didik) dengan kategori praktis. Serta uji keefektifan mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,72 dengan klasifikasi “tinggi”dan ditanyatakan efektif.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Majalah Biologi, Penelitian Pengembangan, Sumber Belajar, Terintegrasi Nilai Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:09 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16474 |
Actions (login required)
View Item |