Peran Orang tua Dalam Memotivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring Desa Marendal II Kecamatan Patumbak

Siregar, Maytiar S (2022) Peran Orang tua Dalam Memotivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring Desa Marendal II Kecamatan Patumbak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
dapus & lampiran.pdf

Download (909kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Desa Marindal-II Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan jenis Kualitatif Deskriptif, dengan menekankan sumber data primer dan data sekunder. Pengambilan subjek penelitian penulis yaitu menggunakan metode Field Research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Observasi pada penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Juni serta wawancara dengan 20 orang infroman yang merupakan 10 orang tua dan 10 anak. Subjek pada penelitian ini merupakan orang tua dan anak yang berada di Desa Marindal-II Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Hasilnya peneliti menemukan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yang ada di Desa Marindal-II Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang yaitu meliputi penyediaan fasilitas belajar, mengawasi kegiatan belajar anak, mengawasi penggunaan waktu belajar saat dirumah, mengawasi dan membantu kesulitan belajar anak, dan mengetahui hasil belajar anak. Dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Desa Marindal-II terdapat faktor penghambat peran orang tua yaitu meliputi kondisi anak, kesibukan orang tua, keadaan sekitar dan keadaan orang tua. Kemudian terdapat pula faktor pendukung nya yaitu pemberian kata- kata nasehat atau pujian dan reward atau punishment. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi bealajar anak di Desa Marindal-II Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang agar anak-anak dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Orang Tua, Motivasi Belajar Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:23
Last Modified: 28 Nov 2022 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16381

Actions (login required)

View Item View Item