Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Bahasa Arab PPM. Tarbiyah Auladil Muslimin, Kec. Lawe Alas, Kab.Aceh Tenggara

Ulandika, Putri (2022) Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Bahasa Arab PPM. Tarbiyah Auladil Muslimin, Kec. Lawe Alas, Kab.Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap perkembangan bahasa Arab pondok pesantren. Karena bahasa adalah mahkota pesantren, ini merupakan kata mutiara penyemangat santri/wati untuk selalu berbahasa Arab di pondok pesantren Tarbiyah Auladil Muslimin. Santri/wati diwajibkan untuk berkomunikasi langsung dengan bahasa Arab sebagai bahasa sasaran, walaupun masih banyak kesalahan dalam penerapan gramatikanya, dan kegiatan ekstrakurikuler digunakan sebagai wadah pengembangan bahasa santri/wati untuk melihat bagaimana praktek dan perkembangan bahasa Arab yang diajarkan di dalam kelas. Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa penting kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan bahasa Arab santri/wati. Teknik pengumpulan data dengan beberapa narasumber, yaitu: pengasuh putra, pengasuh putri dan tiga orang santri putra. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada empat kegiatan ekstrakurikuler yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa Arab santri/wati pondok pesantren Tarbiyah Auladil Muslimin: 1) Muhadharah (pidato), 2) Muhadatsah (percakapan), 3) Mufradat (kosa kata), 4) Upacara dan Olahraga.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kegiatan ekstrakurikuler, bahasa Arab, pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:08
Last Modified: 28 Nov 2022 04:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16378

Actions (login required)

View Item View Item