Yulida, Rizka (2022) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 5 Karang Baru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER SKRIPSI RIZKA.pdf Download (766kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI RIZKA.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI RIZKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI RIZKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI RIZKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI RIZKA.pdf Download (304kB) |
|
Text
DAFTAR PUSAKA DAN LAMPIRAN RIZKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, pengawasan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 5 Karang Baru.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. dimana sumber data yang diperoleh berdasarkan situasi yang wajar sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi lapangan dan studi dokumentasi. Ada empat informan yaitu kepala sekolah, wakil bidang sarana dan prasarana, wakil bidang kurikulum, guru. Data dianalisis melalui model Milles dan Huberman reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data penelitian digunakan Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Temuan penelitian ini menunjukan tentang pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 5 Karang Baru. Kegiatan manajemen tersebut dilakukan melalui 5 tahap, yaitu 1) Perencanaan sarana dan prasarana berdasarkan analisis kebutuhan serta usulan dari pihak guru atau staf yang lain dan penentuan skala prioritas sesuai ketersediaan dana dan tingkat kepentingan sarana dan prasarana. 2) Pengadaan sarana dan prasarana yaitu dengan cara membeli dengan dana atau anggaran yang sudah ditetapkan. 3) Penggunaan sarana dan prasarana memiliki aturan dan jadwal dalam penggunaan sarana dan prasarana yang tersedia. 4) Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan oleh semua warga sekolah baik petugas khusus, kepala sekolah, guru, dan murid-murid yang lain bertanggung jawab untuk memelihara dan menjaga sarana dan prasarana yang tersedia. 5) Pengawasan sarana dan prasarana ditanggungjawabi oleh kepala bidang sarana dan prasarana. Pengawasan dilakukan agar mengetahui keadaan sarana dan prasarana apakah masih layak digunakan atau tidak. Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan mutu pembelajaran maka perlu manajemen sarana dan prasarana yang baik dalam perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan serta pengawasan sarana dan prasarana
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 04:02 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 04:02 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16377 |
Actions (login required)
View Item |