Tata Kelola Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik di Desa Besar II Terjun Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai

Wiranto, Wiranto (2022) Tata Kelola Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik di Desa Besar II Terjun Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Persetujuan, Pernyataan Keaslian, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (Daftar Pustaka, Lampiran).pdf

Download (354kB)

Abstract

Pada saat ini pelayanan publik desa banyak mendapat sorotan dari masyarakat. Pelayanan yang berkualitas sering kali mengalami kesulitan untuk dapat dicapai, karena aparat pemerintah desa seringkali belum mengetahui dan memahami bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik, hal ini disebabkan oleh masih rendahnya kemampuan yang dimiliki aparat pemerintah desa. Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan produktivitas, kualitas pelayanan, responsifitas, responsibilitas dan akuntabilitas dari tata kelola aparatur desa dalam memberikan pelayanan publik di Desa Besar II Terjun sebagai penyelenggara pelayanan kepada masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya. Metode yang dilakukan didalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu memberikan gambaran tentang Tata Kelola Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Pada Desa Besar II Terjun Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini berdasarkan lapangan dengan melakukan observasi lapangan dan wawancara dengan pihak-pihak yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kualitas pelayanan aparatur desa Besar II Terjun, khususnya pelayanan administrasi berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari kepuasan masyarakat dari pelayanan yang diberikan oleh aparat desa, dimana masyarakat sudah merasa dilayani dengan baik dengan tata kelola dan keramahan pihak aparatur dalam memberikan pelayanan. Perilaku aparat dalam melayani terlihat baik, namun lemahnya pengetahuan dan keterampilan adalah masalah yang terjadi bertahun-tahun. Pertanggung jawaban Aparatur desa memang bukan hanya dititikberatkan pada laporan pencapaian kinerja saja, namun juga pertanggungjawaban terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola, Pemerintah Desa, Pelayanan Publik.
Subjects: 300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:57
Last Modified: 28 Nov 2022 03:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16376

Actions (login required)

View Item View Item