Analisis Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pythagoras Pada Kelas VIII Mts Robi'ul Islam

Simamora, Sitianur (2022) Analisis Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pythagoras Pada Kelas VIII Mts Robi'ul Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover sitianur.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-sitianur.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II sitianur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB III-sitianur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV-sitianur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-sitianur.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-sitianur.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul: analisis kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema pytagoras di kelas VIII Mts Robi’ul Islam. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematik dan kemampuan komunikasi matematik siswa pada masa ini. Sehingga peneliti merasa perlu untuk menganalisis kemampuan pemahaman dan komunikasi (secara tulisan) matematik siswa kelas VIII Mts Robi’ul Islam untuk diketahui tinggi rendahnya kedua kemampuan siswa dikelas itu. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Data didapatkan dari siswa kelas VIII Mts Robi’ul Islam yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan diberikan tes soal yang sudah dibuat sesuai indikator kedua kemampuan dan mewawancarai peserta didik yang telah dipilih. Setelah data didapatkan maka hasil dari tes dan wawancara selanjutnya dianalisis. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model miles dan huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kemampuan pamahaman matematik peserta didik kelas VIII Mts Robi’ul Islam masih rendah, (2) kemampuan komunikasi matematik peserta didik kelas VIII Mts Robi’ul Islam masih rendah, dan (3) peserta didik kelas VIII Mts Robi’ul Islam sudah mengetahui materi toerema pytagoras dan soal cerita. Dari hasil penelitian ini, maka kerja sama guru dan murid masih harus lebih ditingkatkan lagi untuk lebih memahami semua materi yang ada dalam ilmu matematika dan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang mata pelajaran matematika.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman matematik, kemampuan komunikasi matematik, soal cerita dan teorema pytagoras.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:46
Last Modified: 28 Nov 2022 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16375

Actions (login required)

View Item View Item