Penerapan Metode Outing Class Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Bela Dina Binjai Tahun Ajaran 2021/2022

Mutiara, Ratu (2022) Penerapan Metode Outing Class Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Bela Dina Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

“Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di RA Bela Dina, (2) untuk mengetahui penerapan metode outing class dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di RA Bela Dina, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode outing class dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di RA Bela”Dina. “Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan”dokumentasi Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di RA Bela Dina dengan sumber data diperoleh langsung dari kepala sekolah, guru, dan anak didik yang berjumlah 20 orang anak. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Kecerdasan naturalis anak usia dini di RA Bela Dina sudah meningkat dengan baik. (2) Penerapan metode outing class dalam meningkatkan kecerdasan anak sangat berpengaruh terhadap aspek perkembangan kecerdasan naturalis anak. (3) Faktor pendukung dan penghambat yaitu lingkungan sekitar RA yang menjadi tempat proses pembelajaran dilaksanakan dan sikap anak yang mengganggu temannya sehingga terjadi ketidak tertiban dalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:36
Last Modified: 25 Nov 2022 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16366

Actions (login required)

View Item View Item