Pengembangan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Di Kelas III MIS Mutiara Sei Mencirim

A’in, Syarah Vina (2021) Pengembangan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Di Kelas III MIS Mutiara Sei Mencirim. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran/ media tertentu kepenerima pesan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektivan media ular tangga yang dikembangkan pada materi Pecahan di kelas III MIS Mutiara Sei Mencirim. Penelitian dan pengembangan adalah jenis metode penelitian yang dipilih dalam penyusunan karya ilmiah ini dengan menerapkan tahapan yang disederhanakan dari prosedur Borg and Gall. Tahapan penelitian yang dilakukan secara garis besar terdiri dari tahapan pengembangan produk, tahapan validasi produk, dan tahapan uji coba produk.Subyek/ sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIS Mutiara sebanyak 23 responden. Data penelitian diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi pembelajaran untuk mengetahui kevalidan, kelayakan, dan efektivan produk, kemudian uji coba lapangan utama dengan siswa yang bertujuan untuk memperoleh data efektifitas produk. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pengembangan media Ular tangga memperoleh skor 82,5% berada dalam kategori valid berdasarkan tabel kriteria kevalidan produk oleh ahli isi/materi dan mendapatkan skor 92% berada dalam kategori sangat valid oleh ahli media pembelajaran. 2) Produk memperoleh skor sangat praktis yaitu 87% oleh peserta didik dan skor sangat praktis yaitu 97,5% oleh guru. Skor tersebut disesuaikan dengan tabel kriteria kepraktisan produk. 3) Efektivitas produk dilakukan dengan uji before-after perbedaan hasil sebelum dan sesudah penggunaan produk, terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik dari 53,04 menjadi 87,78.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Pecahan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:27
Last Modified: 21 Nov 2022 08:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16340

Actions (login required)

View Item View Item