Strategi Komunikasi Petugas Bagian Kerohanian Dalam Membantu Proses Penyembuhan Pasien (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Haji Medan)

Aliusni, Muhammad (2010) Strategi Komunikasi Petugas Bagian Kerohanian Dalam Membantu Proses Penyembuhan Pasien (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Haji Medan). Masters thesis, Pascasarja IAIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam tesis ini adalah 1) Bagaimana strategi perencanaan pesan/materi yang dilakukan Petugas Bagian Kerohanian dalam membantu proses penyembuhan pasien di Rumah Sakit Haji Medan?; 2) Bagaimana strategi pengorganisasian pesan/materi yang dilakukan Petugas Bagian Kerohanian dalam membantu proses penyembuhan pasien di Rumah Sakit Haji Medan?; 3) Bagaimana teknik komunikasi Petugas Bagian Kerohanian dalam membantu proses penyembuhan pasien di Rumah Sakit Haji Medan?; 4) Apa saja hambatan komunikasi yang ditemukan Petugas Bagian Kerohanian dalam membantu proses penyembuhan pasien di Rumah Sakit Haji Medan?; dan 5) Apa saja solusi yang ditawarkan terkait dengan upaya mengatasi hambatan komunikasi yang dihadapi Petugas Bagian Kerohanian dalam membantu proses penyembuhan pasien di Rumah Sakit Haji Medan? Berdasarkan permasalahan penelitian ini, maka data yang relevan diperoleh dari para pihak yang terkait yaitu para Petugas Bagian Kerohanian Rumah Sakit Haji Medan yang beranggotakan 3 (tiga) orang. Satu orang di antaranya bertindak sebagai ketua sekaligus anggota dan dua orang lainnya bertindak selaku anggota (staf). Data diperoleh melalui serangkaian wawancara terhadap para pihak terkait dan dikombinasikan dengan dokumen-dokumen lembaga, serta referensi-referensi terkait. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi komunikasi yang dikembangkan oleh Petugas Bagian Kerohanian di Rumah Sakit Haji Medan berangkat dari perencanaan pesan, pengorganisasian pesan, teknik komunikasi yang relevan, dan upaya sistematis mengurangi hambatan-hambatan komunikasi. Perencanaan pesan dimulai dari penetapan jadwal-jadwal bimbingan rohani, seperti kunjungan-kunjungan ke kamar-kamar ruang rawat inap, peringatan-peringatan hari-hari besar Islam, pengajian-pengajian rutin mingguan dan bulanan, dan giliran tugas (ship). Pengorganisasian pesan lebih mengacu kepada prosedur tetap yang telah digariskan oleh pimpinan rumah sakit. Teknik komunikasi yang digunakan lebih mengacu kepada kebutuhan yang sifatnya rutinitas maupun insidental, yakni teknik komunikasi informatif dan persuasif. Informatif berarti memberikan penjelasan tentang manfaat berobat yang dibarengi dengan doa dan tawakkal kepada Allah SWT. Persuasif berarti memberikan nasehat agar pasien dan keluarga pasien selalu optimis dan tidak putus asa. Media yang digunakan adalah forum pengajian, kunjungan, dan PHBI, brosur, pamflet, dan papan pengumuman. Adapun hambatan yang ditemui oleh Petugas Bagian Kerohanian dalam membantu proses penyembuhan pasien diklasifikasikan lebih terperinci, yaitu: 1). Perbedaan Persepsi; 2). Permasalahan Bahasa; 3). Kurang Mendengarkan; 4). Perbedaan Emosional; 5). Perbedaan Latar Belakang Pendidikan. Solusi yang dapat ditawarkan adalah sebagai berikut: Pertama, persiapan yang bersifat internal. Persiapan internal yang dimaksudkan adalah mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut pelaksanaan tugas di lapangan. Mulai dari mempersiapkan diri atau mental hingga kepada persiapan fisik atau kebutuhan-kebutuhan yang bersifat material-bendawi. Kedua, persiapan inteligensi atau intelektualitas. Ketiga, memahami orang lain dengan berusaha merasakan sendiri apa yang sedang dirasakan orang lain. Keempat, mendengarkan sekecil apapun keluhan pasien dan keluarganya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.21 Fungsionaris Da’wah, Wali, Ulama, Kiai, Da'i
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mrs Hildayati Raudhah
Date Deposited: 09 Feb 2016 09:32
Last Modified: 09 Feb 2016 09:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item