Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Menggunakan Metode Inkuiri dan Metode Tanya Jawab Pada Materi Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Kelas X SMA Swasta PAB 1 Medan Estate T.A 2021/2022

Khodijah, Nabila (2022) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Menggunakan Metode Inkuiri dan Metode Tanya Jawab Pada Materi Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Kelas X SMA Swasta PAB 1 Medan Estate T.A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (845kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung dikelas terlihat monoton. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta PAB 1 Medan Estate dengan jumlah sampel 25 kelompok kontrol atau yang diajar menggunakan metode inkuiri dan 25 kelompok eksperimen atau yang diajar menggunakan metode tanya jawab. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Sample Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode inkuiri termasuk dalam kategori baik, memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,4. (2) Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan dengan metode tanya jawab termasuk dalam kategori baik, memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,6. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode inkuiri dan metode tanya jawab pada materi nilai mutlak linear satu variabel kelas X SMA Swasta PAB 1 Medan Estate dengan berdasarkan perhitungan uji t menunjukkan dan sedangkan nilai untuk taraf signifikan α = 0,05. Karena nilai , maka nilai Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, layak untuk diterapkan oleh guru selama proses pembelajaran sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi nilai mutlak linear satu variabel.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Inkuiri, dan Metode Tanya Jawab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:24
Last Modified: 11 Nov 2022 03:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16276

Actions (login required)

View Item View Item