Komunikasi Wali Kelas dengan Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD IT Rabbani Rantauprapat Kab. Labuhan Batu

Siregar, Rizky Sari (2022) Komunikasi Wali Kelas dengan Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD IT Rabbani Rantauprapat Kab. Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (973kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Komunikasi Wali Kelas dengan Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD IT Rabbani Rantauprapat Kab. Labuhan Batu”. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi bahwa hasil belajar siswa kelas V di SD IT Rabbani Rantauprapat mencapai bahkan melebihi KKM sekitar 80% dan yang tidak mencapai KKM sekitar 20%. berdasarkan informasi yang peneliti dapatkan bahwa salah satu faktor keberhasilan hasil belajar siswa kelas V SDIT Robbani Rantauprapat adalah komunikasi yang terjalin dengan baik antara wali kelas dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bentuk komunikasi antara wali kelas dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V; 2) Faktor penghambat dalam menjalin komunikasi antara wali kelas dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V; 3) Upaya yang dilakukan wali kelas untuk mengatasi hambatan- hambatan dalam menjalin komunikasi dengan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SD IT Rabbani Rantauprapat Kab. Labuhan Batu. Dengan jenis penelitian kualitatif dan data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian adalah wali kelas V, orang tua siswa kelas V dan kepala sekolah SD IT Rabbani Rantauprapat. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, teknik penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk komunikasi yang digunakan oleh wali kelas dengan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD IT Rabbani yaitu pertama melalui sebuah program pertemuan orang tua dengan guru (POMG), kemudian program parenting dan acara pentas seni islami yang diadakan sekolah yang melibatkan kehadiran orang tua. Kedua melalui media seperti surat, rapot semester/bulanan, aplikasi Class Dojo, buku laporan tahsin/tahfizh, dan hp (whatsapp grup). Ketiga melalui pertemuan langsung baik di sekolah maupun di luar sekolah. (2) faktor penghambat yang ditemui saat melakukan komunikasi antara wali kelas dengan orang tua adalah waktu pertemuan yang bertepatan dengan jam kerja orang tua dan informasi yang disampaikan melalui surat atau whatsapp grup tidak sampai ke orang tua. (3) upaya yang wali kelas lakukan untuk mengatasi hambatan dalam berkomunikasi dengan orang tua diantaranya dengan meminta orang tua untuk datang ke sekolah di hari apa orang tua siswa tersebut bisa datang. Kemudian, jika surat yang dititipkan ke siswa tidak sampai ke orang tua, maka wali kelas akan menelepon orang tua tersebut untuk mengingatkan kembali

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:12
Last Modified: 11 Nov 2022 03:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16274

Actions (login required)

View Item View Item