Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Huruf Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Dharma Wanita Persatuan Penanggalan Kota Subulussalam

Manik, Irma Yani Br (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Huruf Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Dharma Wanita Persatuan Penanggalan Kota Subulussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (534kB)

Abstract

Tidak tersedianya media pembelajaran dalam mendukung proses belajar- mengajar di sekolah menghambat perkembangan motorik, bahasa dan kognitif anak. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : 1)Mengembangkan media pembelajaran pohon huruf hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. 2) Mengetahui kelayakan Media pembelajaran Pohon huruf hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia 5-6 Tahun. 3) Mengetahui peningkatan keefektivitasan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan media pohon huruf hijaiyah Penelitian dilaksanakan di TK Negeri Dharma Wanita Persatuan Penanggalan Kota Subulussalam, pada tanggal 05-13 Agustus 2022,Penelitian ini adalah R and D (Research and Development)yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Data penelitian inidiperoleh menggunakan angket validasi dari ahli desain media dan ahli materi,serta menggunakan lembar observasi dan dokumentasi, Hasil penelitian ini diperoleh kelayakan persentase terhadap desain produk yaitu 97.83%. pada aspek materi mendapat persentase kelayakan 91.66 %. Jumlah rata-rata skor pada penilaian produk sebesar 3.83 dengan persentase kelayakan 94.74%. Maka dapat disimpulkan bahwa produk ini “sangat layak”. Sedangkan pada tahap uji coba pada anak mendapat persentase BSH yaitu 75 % dan BSB yaitu 25 %. Pada tahan uji kefektifan pengembangan kemampuan membaca memiliki rata rata gain score 87,5 dengan klasifikasi sangat tinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:16
Last Modified: 10 Nov 2022 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item