Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di MAS Plus Al-Ulum Medan Tahun Pelajaran 2021/2022

Ramadhhani, Nisa (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di MAS Plus Al-Ulum Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Coper.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berupa modul berbasis open ended yang valid, praktis, dan efektif agar dapat diterapkan sebagai media bahan ajar modul matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPA MAS Plus Al-Ulum Medan Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model 4D yang merupakan singkatan dari Define, Design, Develop dan Dessiminate. Teknik analisis data digunakan cara kelayakan, kepraktisan dan pretest dan posstest keefektifan modul. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kevalitan media analisis penelitian modul pembelajaran oleh 3 ahli validator diperoleh total skor rata-rata 4,63 dengan kategori sangat baik. (2) Kepraktisan dikembangkan dalam penelitian memenuhi kriteria praktis karena mendapat respon dari guru matematika MAS Plus Al-Ulum yaitu diperoleh total skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat baik, dan respon peserta didik dengan total skor rata-rata 4,6 dengan kategori sangat baik. (3) Keefektifan Modul pembelajaran ini menunjukkan efektif, hal ini ditunjuukan oleh persentase ketuntasan klasikal di kelas X IPA MAS Plus Al- Ulum dimana dengan persentase 86,7% tuntas belajar. Dan berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji Normalitas Gain total skor yaitu 0,594066082 atau dibulatkan menjadi 0,60. Berdasarkan tabel kategori tafsiran efektifitas Normalitas Gain dengan kategori interpretasi indeks Gain Ternominasi 0.30<g<0.70 tergolong sedang maka dapat disimpulkan penggunaan modul pembelajaran efektif dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Open Ended, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:15
Last Modified: 07 Nov 2022 03:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16227

Actions (login required)

View Item View Item