Penerapan Prinsip-prinsip Manajemen Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) dalam Pelaksanaan Dakwah di Kecamatan Medan Perjuangan

Astari, Shella Anjeli (2022) Penerapan Prinsip-prinsip Manajemen Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) dalam Pelaksanaan Dakwah di Kecamatan Medan Perjuangan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SHELLA ANJELI ASTARI (COVER).pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SHELLA ANJELI ASTARI (BAB I).pdf

Download (491kB)
[img] Text
SKRIPSI SHELLA ANJELI ASTARI (BAB II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
SKRIPSI SHELLA ANJELI ASTARI (BAB III).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
SKRIPSI SHELLA ANJELI ASTARI (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
SKRIPSI SHELLA ANJELI ASTARI (BAB V).pdf

Download (171kB)
[img] Text
SKRIPSI SHELLA ANJELI ASTARI (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan adanya prinsip manajemen organisasi dapat berjalan baik termasuk Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) di Kecamatan Medan Perjuangan. Dalam perkembangannya, JPRMI belum menerapkan prinsip manajemen dengan baik dalam melakukan kegiatan dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dakwah JPRMI, dan untuk mengetahui hambatan prinsip manajemen dari pembagian kerja (division of work), wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility), dan ketertiban (order) yang dihadapi JPRMI dalam pelaksanaan dakwah. Penelitian ini dilakukan di Sekretariat JPRMI. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi di lapangan. Berdasarkan kepada prinsip manajemen (1) Pembagian kerja, hal yang menjadi hambatan ialah lalai, mementingkan urusan pribadi, tidak bertanggung jawab atas tugas yang diberikan serta kurangnya antusias dan berkontribusi (2) Wewenang dan tanggung jawab, hambatan yang terjadi yaitu kurangnya ilmu, lupa, dan pemimpin yang tidak otoriter (3) Ketertiban (order) memiliki dua bagian, yaitu: a. Material order, JPRMI belum teratur dalam menempatan barang-barang setelah berkegiatan, hal ini terjadi karena tidak adanya perintah khusus dari pemimpin, b. Social order, hal yang menjadi hambatan ialah waktu masing-masing pengurus ketika hendak melakukan kegiatan mereka disibukkan dengan urusan pribadinya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Prinsip Manajemen, Pelaksanaan Dakwah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:50
Last Modified: 03 Nov 2022 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16182

Actions (login required)

View Item View Item