Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inkuiri Terbimbing Dan Snowball Throwing

Huda, Nurul (2022) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inkuiri Terbimbing Dan Snowball Throwing. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover semuanya.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inkuiri Terbimbing dan Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa MTsN 2 Deli Serdang, Tahun Ajaran 2021-2022 yang berjumlah 64 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masing-masing berjumlah 32 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berbentuk tes uraian berupa post test. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inkuiri Terbimbing dan Snowball Throwing dengan Fhitung = 4,398 > Ftabel = 4,007 pada taraf (a = 0,05) = 4,007; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inkuiri Terbimbing dan Snowball Throwing dengan Fhitung = 4,079 > Ftabel = 4,007 pada taraf (a = 0,05) = 4,007; 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inkuiri Terbimbing dan Snowball Throwing dengan Fhitung = 4,398 > Ftabel = 3,97 pada taraf (a = 0,05). Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inkuiri Terbimbing dan Snowball Throwing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematis, Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Snowball Throwing
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:50
Last Modified: 03 Nov 2022 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16170

Actions (login required)

View Item View Item