Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif Pada Materi Matriks di Mas Plus Al-Ulum Medan Tahun Ajaran 2021/2022

Sari, Novita Permata (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif Pada Materi Matriks di Mas Plus Al-Ulum Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Novita.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB I novita.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II novita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
BAB III novita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV novita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V novita.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Novita.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif pada materi matriks dan untuk mengetahui kriteria layak (valid), praktis, dan efektif LKPD yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IPS 2 MAS PLUS AL-ULUM MEDAN. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi, lembar angket, serta kegiatan dan latihan dalam LKPD. Teknik analisis data digunakan dengan cara kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD ini memenuhi kriteria layak (valid) dibuktikan bahwa validator I ahli media dengan nilai 72% dinyatakan layak, validator II ahli media dengan nilai 84% sangat layak, validator I ahli materi dengan nilai 88% dinyatakan sangat layak, validator II ahli materi dengan nilai 100% sangat layak, validator I ahli bahasa dengan nilai 86% dinyatakan sangat layak, dan validator II ahli bahasa dengan nilai 94% sangat layak. LKPD ini memenuhi kriteria praktis dibuktikan bahwa angket respon guru matematika dengan nilai 94% dinyatakan sangat setuju dan angket respon siswa/i dengan nilai 88,5% dinyatakan sangat setuju. LKPD inimemenuhi kriteria efektif dibuktikan bahwa hasil belajar kelompok siswa/i dengan nilai 85,29% dinyatakan sangat baik dan hasil belajar individu siswa/i dengan nilai 88,23% dinyatakan sangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif, 4D.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:41
Last Modified: 03 Nov 2022 03:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16169

Actions (login required)

View Item View Item