Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Hidayatussalam Bandar Khalifah

Lubis, Hasbi Assiddiq (2022) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Hidayatussalam Bandar Khalifah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Bagi Cover Hasbi Assidiq Lubis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bagi BAB 1 Hasbi Assidiq Lubis.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Bagi BAB 2 Hasbi Assidiq Lubis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
Bagi BAB 3 Hasbi Assidiq Lubis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
Bagi BAB 4 Hasbi Assidiq Lubis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
Bagi BAB 5 Hasbi Assidiq Lubis.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Bagi DAFTAR PUSTAKA Hasbi Assidiq Lubis.pdf

Download (712kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah di MTs Hidayatussalam Bandar Khalifah, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini sumber data diambil dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dari pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Objek penelitian adalah Kepala Madrasah, staf pimpinan madrasah, Guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Adapun tujuan peneletian ini mengungkapkan : (1) untuk mengetahui komunukasi kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius (2) untuk mengetahui pengambilan keputusan kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius (3) untuk mengetahui motivasi kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius di madrasah tsanawiyah hidayatussalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpianan Kepala Madrasah memang baik yaitu dengan memberikan daya tarik tinggi, mengayomi, disiplin, pemberi dukungan, menjalankan tugas-tugas administratif, dan mau bekerja sama terhadap staf pimpinan madrasah, guru, dan siswa dalam mengembangkan budaya religius di MTs Hidayatussalam Bandar khalifah. Budaya religius di madrasah berjalan dengan baik dan lancar yaitu dengan kegiatan harian seperti menyalami guru ketika memasuki madrasah, baca doa sebelum dan sesudah belajar, shalat zuhur berjamaah, shalat dhuha, dan stor ayat, dan kegiatan mingguannya seperti puasa senin kamis, shalat dhuha berjamaah di hari jumat, pengajian, pembacaan asmaul husna setiap hari jumat, dan kegiatan bulanannya seperti subuh keliling di minggu pertama setiap bulannya, dan kegiatan tahunannya seperti melaksanakan qurban oleh madrasah. Peran kepala madrasah sudah sangat baik yaitu Kepala Madrasah sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Pencipta Iklim kerja, dan sebagai motivator yang membangkitkan motivasi bagi seluruh elemen dilingkungan madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan, Komunikasi, Motivasi di MTs Hidayatussalam
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:23
Last Modified: 02 Nov 2022 09:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16163

Actions (login required)

View Item View Item