Analisis Anggaran Biaya Produksi Sebagai Alat Perencanaan dan Pengawasan (Studi Kasus PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kebun Bandar Selamat Kec. Aek. Songsongan Kab. Asahan)

Agustina, Dina (2022) Analisis Anggaran Biaya Produksi Sebagai Alat Perencanaan dan Pengawasan (Studi Kasus PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kebun Bandar Selamat Kec. Aek. Songsongan Kab. Asahan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_DINA AGUSTINA_0502183155_ AKS F.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB I_DINA AGUSTINA_0502183155_ AKS F.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II_DINA AGUSTINA_0502183155_ AKS F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
BAB III_DINA AGUSTINA_0502183155_ AKS F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV_DINA AGUSTINA_0502183155_ AKS F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB V_DINA AGUSTINA_0502183155_ AKS F.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_DINA AGUSTINA_0502183155_ AKS F.pdf

Download (597kB)

Abstract

Perencanaan dan pengawasan biaya produksi merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan kegiatan perusahaan untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan dan menghindari adanya penyimpangan biaya yang dapat merugikan perusahaan. Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kebun Bandar Selamat, juga merencanakan dan mengawasi biaya produksi. Kemungkinan adanya penyimpangan pada biaya bisa saja dapat terjadi. Penelitian ini membahas tentang bagaimana perencanaan dan pengawasan anggaran biaya produksi pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kebun Bandar Selamat dan Apakah perencanaan dan pengawasan pada PT. Perkebunan Nusantara III.(Persero) Kebun Bandar Selamat sudaf efektif dalam mencegah terjadinya penyimpangan pada anggaran biaya produksi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa Dalam penyusunan anggaran biaya produksi pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kebun Bandar Selamat dilakukan dengan cara Top down and Bottom up. Sehingga sangat diperlukannya kerjasama tim pada penyusunan anggaran dan sangat dituntut rasa tanggung jawab pada pihak-pihak yang telibat. Untuk mekanisme perencanaan di PTPN III (Persero) Kebun Bandar Selamat sudah cukup baik dan efesien dalam perencanaan biaya produksi, karenakan perusahaan sudah mengikuti prosedur sesuai dengan kebijakan perusahaan pusat (direksi). Dan untuk mekanisme pengawasan yang dilakukan juga sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan perusahaan, sehingga pengawasan sudah cukup baik dan efesien. Mekanisme pengawasan juga dilakukan dengan mengutamakan tanggung jawab, kejujuran. Pada tingkat efektifitas total biaya pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kebun Bandar Selamat pada tahun 2019 sebesar 89,74% di rentang nilai lebih dari 80%, sehingga di nilai cukup efektif, hal ini disebabkan karena penyimpangan yang tidak terlalu besar dari anggaran yang ditetapkan, sedangkan pada tahun 2020 sebesar 45,83% di rentang nilai kurang dari 60%, sehingga di nilai kurang efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:28
Last Modified: 01 Nov 2022 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16136

Actions (login required)

View Item View Item