Nurbayty, Nurbayty (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III Di MIS Nurhidayah Purwosari Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover Nurbayty.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I (1).pdf Download (503kB) |
|
Text
BAB II (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) |
|
Text
BAB III (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
Text
BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) |
|
Text
BAB V (1).pdf Download (275kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan berjudul “ Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III MIS Nurhidayah Purwosari Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun” , yang dilatarbelakangi bahwa kesulitan siswa dalam belajar aritmatika disebabkan oleh komponen tertentu. Aritmatika merupakan salah satu mata pelajaran yang dikatakan sulit karena banyak siswa yang memiliki hasil belajar yang kurang baik. Maksud penyidikan ini agar mengetahui: 1) status guru dan siswa dalam pembelajaran aritmatika; (2) kesulitan yang dialami siswa dalam belajar IPA; (3) Komponen-komponen yang mempengaruhi masalah belajar aritmatika pada siswa kelas III MIS Nurhidayah Purwosari. Investigasi ini menggambarkan pekerjaan investigasi subjektif. Subyek penelitian ini adalah siswa MIS III Nurhidayah Purwosari. Strategi yang digunakan dalam inkuiri ini adalah persepsi, perjumpaan, dan dokumentasi. Pemeriksaan informasi dilakukan dengan cara mereduksi informasi, mengidentifikasi informasi, dan menarik kesimpulan. Tampak bahwa pada awalnya perencanaan guru dan siswa dalam pembelajaran IPA di MIS Nurhiddayah Purwosari tampak guru tidak menyediakan media pembelajaran dan siswa tidak merefleksikannya di dalam negeri karena tidak ada buku pegangan dari sekolah. Saat ini, kendala yang dialami siswa dalam mempelajari IPA adalah: Kesulitan dalam memahami konsep, tantangan dalam keterampilan berhitung, dan tantangan dalam memahami dialek numerik. Ketiga, variabel yang mempengaruhi kesulitan belajar aritmatika adalah komponen internal yaitu sikap dan perilaku tertentu, tingkat wawasan, dan inspirasi belajar. Variabel eksternal, terutama lingkungan keluarga, lingkungan sekolah.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16134 |
Actions (login required)
View Item |