Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Akhlak Siswa Di Pondok Pesantren Ash-Shobariyah Titi Aloban Desa Bandar Tinggi

Rambe, Nurhayani (2022) Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Akhlak Siswa Di Pondok Pesantren Ash-Shobariyah Titi Aloban Desa Bandar Tinggi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER (Lembar Pengesahan, Lembar Persetujuan, Pernyataan Keaslian, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru bimbingan konseling dalam mengatasi masalah akhlak siswa di Pondok Pesantren Ash-Shobariyah Titi Aloban Desa Bandar Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala sekolah Pondok Pesantren Ahs-Shobariyah, Guru Bimbingan Konseling, Guru Aqidah Akhlak, serta beberapa siswa di Pondok Pesantren Ash-Shobariyah Titi Aloban Desa Bandar Tinggi. Sedangkan data sekunder yang terdapat di Pondok Pesantren Ash- Shobariyah mencakup arsip yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling serta dokumen profil Pondok Pesantren Ash-Shobariyah. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah gambaran akhlak siswa yang melanggar peraturan sekolah sudah membaik serta mulai menjaga etika, selain itu masalah hal lain yang terdapat di pondok pesantren juga tidak ditemui kembali, dan strategi dalam mengatasi masalah akhlak siswa adanya saling kerjasama antar pihak sekolah, orangtua dan para siswa, selain itu guru bimbingan konseling bagian siswa dan siswi juga memiliki banyak cara dalam mengatasi masalah akhlak siswa, seperti proses konseling, teknik modelling/sebagai suri tauladan bagi siswa contohnya pada saat merasa diri lagi bermasalah dianjurkan untuk berwudhu dan sebelum memulai proses konseling pun dianjurkan berwudhu. Pihak sekolah akan memberi sanksi kepada siswa bermasalah guna belajar dari kesalahan dan mendapat hikmah, sebab sangat diperlukan pembiasaan baik sejak dini sehingga terbentuknya watak dan karakter yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Bimbingan Konseling, Akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:41
Last Modified: 31 Oct 2022 04:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16126

Actions (login required)

View Item View Item