Caniago, Mutiara Nisa (2022) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTS Hidayatullah Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover.pdf Download (806kB) |
|
Text
Bab 1 .pdf Download (468kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (227kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kepala Madrasah sebagai pengelola institusi pendidikan, tentu saja mempunyai peran yang amat penting, karena ia sebagai desainer, pengorganisasian, pelaksana, pengelola tenaga kependidikan, dan pengawasan program pendidikan di madrasah. Peran Kepala Madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru menjadi bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Hal ini disebabkan guru merasa mendapat perhatian, rasa aman, dan pengakuan atas prestasi kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kinerja guru di MTs Hidayatullah Tanjung Morawa, (2) kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Hidayatullah Tanjung Morawa, (3) upaya Kepala Madrasah mengatasi kendala dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Hidayatullah Tanjung Morawa, (4) langkah-langkah strategik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di MTs Hidayatullah Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik wawancara, teknik observasi serta studi dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan Guru. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan teknik kredibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini mengungkapkan 4 temuan yaitu (1) kinerja guru di MTs Hidayatullah sudah cukup baik, para guru sudah bertanggung jawab dalam menjalankan amanah profesi yang diembannya. (2) kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Hidayatullah Tanjung Morawa yaitu masih ada guru yang kurang disiplin dan kurangnya komunikasi. (3) upaya Kepala Madrasah mengatasi kendala dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Hidayatullah Tanjung Morawa yaitu melakukan supervisi 2 bulan sekali, mengadakan rapat rutin setiap minggu dengan guru dan meminta laporan bulanan kepada setiap guru mata pelajaran. (4) langkah-langkah strategik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di MTs Hidayatullah Tanjung Morawa yaitu pengorganisasian pengajaran, penataan pendidikan, pengembangan kurikulum, penyediaan fasilitas, pemberian orientasi anggota dan staff, kemudian pelayanan murid. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi Kepala Madrasah pada aspek kinerja guru yang mencakup pembinaan kinerja guru, pengawasan kinerja guru, pembinaan disiplin, pemberian motivasi, pemberian penghargaan, sudah berjalan dengan baik, hanya saja belum maksimal dalam hal pelaksanaan pembelajaran yaitu pada penggunaan metode dan media belajar masih kurang efektif.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 03:21 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 03:21 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16118 |
Actions (login required)
View Item |