Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Badak Menuju Desa Mandiri di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues

Riski, Anton (2022) Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Badak Menuju Desa Mandiri di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Badak dalam meningkatkan Perekonomian di desa Badak Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Serta menganalisis kontribusi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Badak dalam menuju desa mandiri di desa Badak Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan datanya diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diambil secara langsung dari sasaran penelitian maupun dari catatan kecil dari sumber yang terkait guna mendapatkan informasinya yang benar. Hasil penelitian menunjukkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Badak Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Badak membantu mengatasi permasalahan ekonomi desa sudah cukup berperan melalui perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing), dan pelaksanaan (Aktuating), dan pengawasan (controlling) cukup berperan walaupun belum maksimal. Kontribusi Badan Usaha Milik Desa dalam menuju desa mandiri yaitu adanya program usaha BUMDes Simpan Pinjam, Usaha Jasa Becak Motor, pelatihan pembuatan pelet ikan, pemberian dana pinjaman.Hambatan dalam pengelolaan BUMDes di Desa Badak yaitu (1) Kurangnya modal yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), (2) kurangnya keterampilan atau kemampuan Sumber Daya Manusia dalam kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), (3) Manajemen kelembagaan yang berjalan kurang efektif sehingga belum memberikan kontribusi yang optimal, (4) Minimnya wawasan masyarakat mengenai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa Badak Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:57
Last Modified: 31 Oct 2022 02:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item View Item