Analisis Peranan Guru dalam Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di SD Swasta PAB 22 Patumbak 1 Deli Serdang

Azis, Ainul Masthura (2022) Analisis Peranan Guru dalam Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di SD Swasta PAB 22 Patumbak 1 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI AINUL.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI AINUL.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI AINUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI AINUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI AINUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI AINUL.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAPUS SKRIPSI AINUL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif yang mengarah pada prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati sehingga rancangannya bisa sewaktu-waktu mengalami perbaikan tergantung kondisi dan situasi di lapangan. Lantas, yang menjadi subjek pada penelitian yaitu kepala sekolah, wali kelas V, beberapa siswa/i kelas V. Kemudian dalam proses pengumpulan data didalam penelitian menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, observasi berpartisipasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) terdapat peranan guru dalam membina kedisiplinan belajar siswa yaitu guru sebagai pengajar, pembimbing, konselor, evaluator dan model/teladan; 2) Ternyata guru masih mengalami kendala dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa yang dilihat dari dua faktor yaitu: a) siswa dan b) keluarga dan lingkungan sekitar; 3) Guru telah melakukan upaya- upaya dalam penanaman kedisiplinan diantaranya yaitu: a) keteladanan, b) pemberian reward dan punishment, c) mempertegas penerapan tata tertib.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, belajar, Peranan Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Oct 2022 04:48
Last Modified: 21 Oct 2022 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item View Item