Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDS IT Bahrul Uluum AL Kamal Asahan

Sirait, Sulaiman (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDS IT Bahrul Uluum AL Kamal Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi Sulaiman Sirait (0306182115).pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI Sulaiman Sirait (0306182115).pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Sulaiman Sirait (0306182115).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Sulaiman Sirait (0306182115).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Sulaiman Sirait (0306182115).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Skripsi Sulaiman Sirait (0306182115).pdf

Download (424kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Dan Lampiran Skripsi Sulaiman Sirait (0306182115).pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini ialah guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional (center learning) yaitu pembelajaran lebih berpusat pada guru dan siswa hanya ditempatkan sebagai pendengar serta tidak terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran. Guru lebih mendominasi pembelajaran dengan metode dan model konvensional dengan sesekali memberikan pertanyaan kepada siswa, sehingga siswa cenderung bosan dalam mengikuti pembelajaran. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa berdasarkan penelitian tersebut pada mata pelajaran IPA adalah 70 dengan KKM mata pelajaran IPA 75. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yaitu sebanyak 48 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berada di kelas Eksperimen yaitu sebanyak 24 orang. Alat yang digunakan pada teknik pengumpulan data adalah soal pretest dan posttest, teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai ( ) > (2,064). Artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA Kelas IV SDS IT Bahrul Uluum Al Kamal Asahan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDS IT Bahrul Uluum Al Kamal Asahan. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas, maka model pembelajaran two stay two stray layak diterapkan oleh guru sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil belajar, IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:55
Last Modified: 20 Oct 2022 03:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16080

Actions (login required)

View Item View Item