Implementasi Konseling Adiksi Dalam Rehabilitasi Mental Pecandu Narkoba Di Klinik Pratama Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara

Nasution, Ega Putri Andira (2022) Implementasi Konseling Adiksi Dalam Rehabilitasi Mental Pecandu Narkoba Di Klinik Pratama Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover Ega Putri Andira Nasution.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB I EGA PUTRI ANDIRA (1).pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB II EGA PUTRI ANDIRA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III EGA PUTRI ANDIRA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV EGA PUTRI ANDIRA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V EGA PUTRI ANDIRA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA EGA PUTRI ANDIRA NST (1).pdf

Download (667kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konseling adiksi dalam rehabilitasi mental pecandu narkoba. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini digunakan observasi nonpartisipan dan wawancara informal yang diperoleh langsung melalui sasaran penelitian. Hasil penelitian di lapangan diperoleh data bahwa pelaksanaan konseling adiksi dilakukan sebanyak delapan sampai sepuluh kali pertemuan yang di dalamnya terdapat konseling individual, konseling kelompok, dan juga konseling keluarga jika diperlukan. Pelaksanaannya lebih mengarah kepada sejauh mana klien telah menggunakan narkoba seperti dilakukan asesmen, pemeriksaan fisik klien, pemeriksaan urine zat, terapi medis, kemudian pemberian detoksifikasi, selanjutnya tahap konseling adiksi yang didalamnya perencanaan melakukan konseling atau kerjasama antara konselor dengan klien, kemudian pemberian wawancara motivasional, dan cognitive behavioral therapy, dan terakhir bagaimana pencegahan kekambuhan klien. Keberhasilan pelaksanaan konseling adiksi tidak dapat di ukur secara angka akan tetapi dilihat apakah perilakunya berubah kearah positif atau bahkan masih dalam perilaku yang bermasalah. Konseling adiksi berhasil apabila seorang klien yang telah selesai menjalani proses rawatan dapat pulih dan produkti dan dapat diterima oleh lingkungannya. Proses konseling adiksi juga memiliki hambatan dalam pelaksanaannya dalam artian tidak berjalan dengan mulus hambatan tersebut ada yang datang dari diri klien dan ada dari luar diri klien seperti ketidak disiplinan klien hadir tepat waktu, masih adanya rasa ingin menggunakan kembali, faktor ekonomi dan pekerjaan, ruang konseling yang tidak nyaman, keluarga yang tidak mendukung. Sehubungan dengan hasil penelitian, penulis memberikan saran kepada pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara untuk melengkapi sarana dan prasarana, dan kepada pemerintah untuk menambah tenaga konselor adiksi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:38
Last Modified: 19 Oct 2022 03:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16054

Actions (login required)

View Item View Item