Hasanah, Wulida Uswatun (2022) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Yang Diajar Dengan Menggunakan Pendekatan VAK (Visual Auditori Kinestatika) Dan Saintifik Di SMP IT Iqro Stabat Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
cover-daftar lampiran.pdf Download (476kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (337kB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
|
Text
bab V.pdf Download (180kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (299kB) |
Abstract
Dilatarbelakangi bahwa kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa pada matematika cenderung rendah dikarenakan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung dikelas tatap muka terbatas pada kegiatan menyimak dan berceramah saja. Padahal, kemampuan pemecahan masalah merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP IT IQRO Stabat dengan jumlah sampel 33 siswa pada kelas eksperimen I yaitu kelas VIII A dan 33 siswa pada kelas eksperimen II yaitu kelas VIII B. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada kriteria yang ditetapkan oleh peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan uji t-paired dan uji t-independent. Pada uji hipotesis diperoleh (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan VAK di SMP IT IQRO Stabat dengan nilai keefektifian 0,76 dan termasuk kategori tinggi, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik di SMP IT IQRO Stabat dengan nilai keefektifian 0,68 dan termasuk kategori sedang, dan (3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan VAK dan Saintifik pada materi bangun ruang sisi datar Di SMP IT IQRO Stabat dengan hasil perhitungan yaitu 4,837 > 1,997 atau thitung > ttabel. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pendekatan pembelajaran VAK dan saintifik layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan VAK (Visual Auditori Kinestatika), Pendekatan Saintifik. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 04:17 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 04:17 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16032 |
Actions (login required)
View Item |