Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Di MTs Darul Ilmi Batang Kuis

Laila, Hasni (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Di MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII di MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Ilmi Batang Kuis tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 159 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dan VII-3 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-T. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Darul Ilmi Batang Kuis dengan Thitung = 4,262 > Ttabel = 1,979; 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Darul Ilmi Batang Kuis dengan Thitung = 2,383 > Ttabel = 1,999; 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Darul Ilmi Batang Kuis dengan Thitung = 2,903 > Ttabel = 1,999. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:24
Last Modified: 17 Oct 2022 03:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16027

Actions (login required)

View Item View Item