Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Snowball Drilling Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Wiraswasta Batang Kuis T.A 2021-2022

Siregar, Yanti Yulia Ardila (2022) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Snowball Drilling Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Wiraswasta Batang Kuis T.A 2021-2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Yang dilatarbelakangi bahwa kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa pada materi statistika masih dalam kategori rendah. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor salah satunya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih monoton. Padahal kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Wiraswasta Batang Kuis dengan jumlah sampel 30 siswa pada kelas eksperimen A yaitu kelas VIII A dan 30 siswa pada kelas eksperimen B yaitu kelas VIII B. Teknik pengambilan sampel yaitu Claster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan MANOVA dan uji t-independent. Pada uji hipotesis diperoleh (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran snowball drilling. 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tpe snowall drilling pada materi statistika kelas VIII SMP Wiraswasta Batang Kuis. 3) terdapat perbedaan secara antara tingkat kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan snowball drilling pada materi statistika kelas VIII SMP Wiraswasta Batang Kuis dengan hasil perhitungan yaitu Fhitung = 8,611 dan Ftabel = 3,1153 berarti Fhitung > Ftabel maka Ha diterima. Berdasarkan pada temuan penelitian diatas maka model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan snowball drilling layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis, Snowball Throwing, Snowball Drilling.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 15:09
Last Modified: 14 Oct 2022 15:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item View Item