Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika Berbasis Game Based Learning Pada Permainan Engklek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Geometri di MTS Amal Shaleh

Azmi, Ulul (2022) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika Berbasis Game Based Learning Pada Permainan Engklek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Geometri di MTS Amal Shaleh. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_2.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran etnomatematika berbasis game based learning pada permainan engklek terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII pada materi geometri. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperiment. Lokasi penelitian yang dipilih adalah MTS Amal Shaleh dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 25 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa lembar tes. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran etnomatematika mampu memenuhi kelima indikator yaitu memberikan penjelasan sederhana sebanyak 92%, membuat penjelasan lebih lanjut sebanyak 80%, membuat kesimpulan sebanyak 80%, membangun keterampilan dasar sebanyak 40% serta mengatur strategi dan taktik sebanyak 60% (2) pendekatan pembelajaran etnomatematika berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh bahwa Thitung > Ttabel yakni Thitung sebesar 2,572 dan Ttabel (48) = 2,011 pada taraf α = 0,05 yang berarti bahwa ada signifikansi dan variasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis sehingga hipotesis alternatif Ha diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajaran etnomatematika, permainan engklek, berpikir kritis matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 12:38
Last Modified: 14 Oct 2022 12:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16003

Actions (login required)

View Item View Item