Implementasi Program Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masjid

Winata, Robi (2022) Implementasi Program Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masjid. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_2.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu fungsi manajemen yaitu actuating, artinya pelaksanaan atau penerapan program yang diterapkan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dengan program-program yang sesuai dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masjid serta untuk mengetahui faktor pendukung dan hambatan pada pelaksanaan program di Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara maupun di lapangan tempat proses kegiatan berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan menghasilkan data dengan pendekatan deskriptif berupa uraian kata-kata secara terperinci dari orang atau prilaku yang diamati, dipahami dan survey di lapangan. Adapun tekni pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik wawancara, observasi dan dokumen-dokumen. Dan informan yang menjadi sumber data pada penelitian adalah Amil Zakat Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program-program Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara terdiri dari lima program adalah sosial kemanusiaan, kesehatan, dakwah, pendidikan dan ekonomi. Kemudian pelaksanaan program berjalan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan yaitu merealisasikan rencana kerja anggaran tahunan (RKAT) dan program sesuai dengan konsep kesejahteraan masjid. Dengan indikator kesejahteraan masjid seperti meramaikan sholat berjamaah di masjid, memberikan snack atau makanan ringan setelah sholat jum’at, mengajari mengaji, bantuan insentif kepada para mubalig atau da’i setempat, membantu pembelian peralatan STM, memfasilitasi sarana masjid dan menjadikan masjid sebagai sentral pembinaan umat serta solusi hidup sosial masyarakat pada jamaah masjid binaan YBM PLN terkhusus pada masjid Al Ikhlas di Desa Rih Tengah Kecamatan Kutabuluh Kabupaten Karo. Pada pelaksanaan program terdapat faktor pendukung yaitu amanah dan nilai amal pahala jariyah yang menjadi motivasi pengurus atau SDM YBM PLN dan faktor penghambat terbagi dua yaitu secara internal dan eksternal, faktor internal adalah dari proses administratif dan korelasi antar pengurus dengan SDM lainnya sedangkan faktor eksternal adalah letak geografis masjid yang terisolasi, tenaga da’i yang minim dan terdapat oknum tertentu yang memiliki sifat oportuinisme.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Program, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN, Kesejahteraan Masjid.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.22 Masyarakat Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:23
Last Modified: 14 Oct 2022 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15992

Actions (login required)

View Item View Item