Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak di SDN 106830 Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang

Syafitri, Rida Rizky (2022) Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak di SDN 106830 Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak SD Negeri 106830 Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang” yang dilatarbelakangi bahwa banyak anak-anak yang mengalami permasalahan terhadap minat belajar yang menunjukkan bahwa kurangnya kontrol dari orang tua terhadap anaknya. Penelitian ini juga bertujuan 1) Bagaimana peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di SD Negeri 106830 Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam peranannya menumbuhkan minat belajar anak di SD Negeri 106830 Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yaitu memaparkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan dengan subjek penelitian pihak SD Negeri 106830 Desa Sidodadi Ramunia dan 6 orang tua siswa kelas V beserta 6 orang siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis. Teknik Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di SD Negeri 106830 Desa Sidodadi Ramunia adalah memberikan semangat terhadap diri anak akan pentingnya suatu pendidikan untuk masa depan anak, sebagai fasilitator terhadap segala kegiatan anak, menjadi sumber ilmu dan pengetahuan dalam keluarga, memberikan motivasi kepada anak untuk selalu meningkatkan prestasi belajar mereka, sebagai tempat bertanya dan mengadu terhadap hal-hal yang menjadi permasalahan anak, memberikan arahan yang jelas untuk masa depan anak-anaknya. Faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak dalam sebuah kegiatan yang sedang berlangsung pasti ada saja yang menjadi tantangan bagi orang yang sedang melakukannya. Faktor pendukung seperti adanya kerjasama antar keluarga dalam satu rumah, adanya ketegasan dari orang tua. Pola pikir orang tua, keadaan sosial ekonomi yang menjadi faktor penghambat bagi kelancaran proses belajar. Orang tua dalam hal ini harus ekstra dalam menyediakan apa yang dibutuhkan anak pada waktu kegiatan belajar dari rumah ataupun sekolah berlangsung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Menumbuhkan Minat Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:46
Last Modified: 11 Oct 2022 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15975

Actions (login required)

View Item View Item