Layanan Individual Dalam Membangun Percaya Diri Pada Penyandang Tuna Daksa Di SDLB Negeri 167713 Kota Tebing Tinggi

Ananda, Elisa (2022) Layanan Individual Dalam Membangun Percaya Diri Pada Penyandang Tuna Daksa Di SDLB Negeri 167713 Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (973kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan individual dalam membangun percaya diri pada penyandang tunadaksa, baik dari segi tahapan pelaksanaan pemberian layanan, faktor penghambat saat proses pemberian layanan serta pengimplementasian layanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deksriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian serta catatan dari sumber yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian ini, (1) Bentuk-bentuk pelayanan yang digunakan dalam membangun percaya diri penyandang tunadaksa adalah layanan individual yang meliputi akademik dan non akademik serta layanan kelompok (perkelas) yang menggunakan layanan klasikal. (2) Implementasi layanan individual dalam membangun percaya diri pada penyandang tunadaksa dapat dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dari interaksi peserta didik tunadaksa dan prestasi yang diraih serta sesuai dengan aspek-aspek kepercayaan diri. Sedangkan tahapan-tahapan yang digunakan sama seperti tahapan konseling pada umumnya yaitu tahap awal yaitu pendekatan, tahap pertengahan yaitu pemberian layanan, dan tahap akhir yaitu evaluasi. (3) Faktor penghambat dalam pemberian layanan yaitu kurangnya peran orang tua.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:57
Last Modified: 11 Oct 2022 03:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15971

Actions (login required)

View Item View Item