Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di Kelas IV MI Kota Medan

Hena, Afrida (2022) Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di Kelas IV MI Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER rida.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB I rida.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II rida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III ridA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV RIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
BAB V RIDA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RIDA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan permasalahan yang fatal apabila terjadi pada siswa sekolah dasar. Terutama dalam mata pelajaran matematika yang bersifat hierarkis atau intuitif, konsepnya saling berkaitan satu sama lain, khususnya materi bangun ruang yang membutuhkan tingkat pemahaman yang kompleks, dan daya berpikir matematis yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis miskonsepsi siswa pada materi bangun datar segiempat beserta penyebabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan hasil penelitian berupa deskripsi atas fenomena yang terjadi melalui metode content analysis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ialah tes dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa banyak siswa yang mengalami miskonsepsi. Berdasarkan pada hasil analisis yang dilakukan, dari 20 siswa, 18 siswa mengalami miskonsepsi matematika dengan jenis dan penyebab yang berbeda. Terdapat 18 dari 20 siswa atau 80% siswa mengalami miskonsepsi teoritikal, sebanyak 15 orang siswa atau 55% siswa mengalami miskonsepsi klasifikasional. Penyebab siswa mengalami miskonsepsi berasal dari siswa, guru, dan buku. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian pada saat materi yang diajarkan sedang dipelajari agar dapat lebih mengetahui tingkat pemahaman siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bangun Datar Segiempat, Miskonsepsi
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:40
Last Modified: 11 Oct 2022 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15963

Actions (login required)

View Item View Item