Analisis Sentimen Mahasiswa Terkait Pembelajaran Tatap Muka Tahun Ajaran 2021/2022 Dengan Menggunakan Metode Na

Desliani, Dita (2022) Analisis Sentimen Mahasiswa Terkait Pembelajaran Tatap Muka Tahun Ajaran 2021/2022 Dengan Menggunakan Metode Na. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia malalui 4 kementertrian yang terdiri dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri, mengeluarkan keputusan bersama mangenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019. Berdasarkan SKB, pemerintah menyediakan pembelajaran tatap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh disemua tingkatan pendidikan. Keputusan pemerintah tersebut ditanggapi beragam oleh masyarakat, termasuk mahasiswa yang merupakan pelaku yang terlibat langsung dalam penerapan kebijakan ini. Banyak mahasiswa yang menyampaikan pendapat terkait kebijakan ini, baik pendapat positif ataupun negatif. Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis sentimen yang bertujuan untuk mengetahui sentimen yang diberikan mahasiswa terkait penerapan pembelajaran tatap muka tahun ajaran 2021/2022 diperoleh melalui kuisioner (angket) serta menggunakan metode Naïve Bayes Classifier. Dengan dataset yang digunakan sebanyak 5350 opini yang berasal dari 1070 responden. Dengan melakukan labelisasi maka diketahui perbandingan dari opini (sentimen) yang bernilai positif sebesar 82% dan 18% negatif. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa/i dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan mendukung penerapan pembelajaran tatap muka (PTM) pada tahun ajaran 2021/2022. Akurasi yang dihasilkan oleh metode Naïve Bayes Classifier dalam melakukan klasifikasi sentimen (opini) dapat dikatakan baik, yaitu sebesar 83%. Setelah melakukan proses validasi sistem menggunkana K-Fold Cross Validation, nilai K=10 ternyata metode Naïve Bayes Classifier dapat menghasilka nilai akurasi yang baik, dengan rata – rata akurasinya sebesar 80,56%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tatap Muka, Analisis Sentimen, Kuisioner, Na
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:57
Last Modified: 22 Sep 2022 06:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15953

Actions (login required)

View Item View Item