Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Di Kelas V SD Negeri 010232 Pangkalan Dodek

Bara, Yusmaini Ayu Batu (2022) Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Di Kelas V SD Negeri 010232 Pangkalan Dodek. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.docx.pdf

Download (484kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Di Kelas V SD Negeri 010232 Pangkalan Dodek” yang dilarat belakangi oleh pelajaran tematik, di mapel matematika, guru menggunakan lagu untuk membuat siswa lebih mudah menghafal pembelajaran matematika, ini membuat para siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru mengelola kelas dalam pembelajaran Tematik di kelas V SD 010232 Pangkalan Dodek. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 8 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel data secara purposive dan snowball, Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 010232 Pangkalan Dodek, sudah tampak terampil, yang mana hal tersebut didapatkan dari hasil penelitian, yaitu pengelolaan kebersihan kelas, pengaturan tempat duduk dengan format kolom dan baris, penempatan poster/gambar/media pendidikan mudah terlihat dan rapi, tetapi dari segi pengaturan udara, masih kurang terampil karena beberapa siswa tidak nyaman, lalu guru senantiasa tanggap terhadap aktivitas siswa, dan guru memberi perhatian yang sama kepada setiap siswa tanpa membedakan-bedakannya, dan sudah memberi petunjuk dan tujuan yang jelas juga sudah dilakukannya dan didukung oleh penggunaan bahasa yang jelas, lalu guru telah memberikan teguran dengan baik dan tidak mempermalukan siswa, dan memberi pujian dan motivasi kepada siswa dan guru telah memberikan penguatan dengan cara memberikan siswa kesempatan untuk bertanya. Sedangkan kendala guru dalam mengelola kelas ialah faktor siswa itu sendiri, dan ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan guru dan mengelola kelas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:01
Last Modified: 12 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15812

Actions (login required)

View Item View Item