Metode Bimbingan Agama Terhadap Anak Perempuan Yang Mengalami Menstruasi Pertama Di Panti Asuhan Siti Khadijah Kabupaten Labuhan Batu

Salwa, Adinda Muna (2022) Metode Bimbingan Agama Terhadap Anak Perempuan Yang Mengalami Menstruasi Pertama Di Panti Asuhan Siti Khadijah Kabupaten Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAPUS & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama, metode bimbingan Agama terhadap anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama serta hambatanhambatan yang terjadi pada saat proses kegiatan bimbingan Agama tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian maupun catatan dari sumber yang terkait penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu, (1) Kondisi psikoligis pada anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama antara lain adalah adanya rasa cemas atau takut, bingung dan rasa malu dari dalam diri anak perempuan tersebut. (2) Metode bimbingan Agama terhadap anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama yang digunakan oleh pihak panti asuhan Siti Khadijah Kabupaten Labuhan Batu antara lain ialah metode ceramah yakni dimana metode ini diikuti oleh keseluruhan anak panti asuhan baik yang sudah ataupun belum mengalami menstruasi pertama, kemudian metode yang kedua adalah metode demonstrasi yakni dilaksanakan ketika anak panti asuhan tersebut mengalami menstruasi pertamanya yang biasanya akan diberikan oleh kakak asuh di panti asuhan tersebut, dan yang terakhir adalah metode diskusi dan tanya jawab yang dilakukan oleh kakak asuh panti asuhan juga dan metode ini bertujuan untuk dapat memberikan kebebasan bertanya bagi setiap anak panti asuhan yang baru atau sudah lama mengalami menstruasi pertama apabila terdapat hal-hal yang kurang mereka mengerti. (3) Hambatan-hambatan yang dialami ketika kegiatan bimbingan Agama terhadap anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama di panti asuhan Siti Khadijah Kabupaten Labuhan Baru tersebut antara lain adalah kurang adanya keseriusan atau kesungguhan anak panti dalam mengikuti setiap kegiatan bimbingan agama yang dilaksanakan oleh pihak panti asuhan tersebut, adanya rasa malu yang dirasakan anak panti serta adanya kesulitan dalam menerapkan apa yang telah disampaikan dalam kegiatan bimbingan Agama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Bimbingan Agama, Menstruasi
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:58
Last Modified: 08 Sep 2022 02:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item View Item