Desain Komik Bahasa Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Saifullah An-Nahdliyah Deli Serdang

Muslimah, Ikhwatun (2021) Desain Komik Bahasa Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Saifullah An-Nahdliyah Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI IKHWATUN MUSLIMAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Komik Bahasa Arab yang dapat dijadikan media pembelajaran bahasa arab oleh guru dikelas VII Pondok Pesantren Saifullah An-Nahdliyah Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Tahapan penelitian ini yang dilakukan meliputi analisis komik bahasa arab, mengembangkan produk awal yaitu dengan memilih bab yang akan dibahas dan melakukan penulisan percakapan dan desain gambar, selanjutnya standarisasi komik bahasa Arab (validasi oleh ahli media), uji coba produk keoada siswa kelas VII Pondok Pesantren Saifullah An-Nadhliyah Deli Serdang. Terakhir adalah revisi produk. Desain komik Bahasa Arab Sudah layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dengan nilai rata-rata 4 sama dengan produk bisa diproduksi tanpa revisi. Pada tahan uji coba produk ditemukan hasil peningkatan membaca siswa kelas VII Pondok Pesantren Saifullah An-Nadhliyah Deli Serdang mengalami kenaikan dari rata-rata nilai 60 menjadi 77. Keabsahan data juga diperkuat oleh hasil wawancara dengan guru kelas VII Pondok Pesantren Saifullah An-Nadhliyah Deli Serdang yang menghasilkan kesimpulan bahwa dengan menggunakan komik Bahasa Arab, siswa lebih tertarik untuk belajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain, Komik, Bahasa Arab, Keterampilan Membaca
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:01
Last Modified: 06 Sep 2022 07:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15742

Actions (login required)

View Item View Item